Hai Sobat Pustaka…..!
Masih setia #di rumah aja kan. Sambil menjalankan ibadah puasa, kembali admin ingin menyampaikan beberapa informasi penting mengenai perpustakaan.
Dikarenakan masih banyak sobat pustaka yaitu mahasiswa IAIN Tulungagung yang bertanya mengenai beberapa informasi tentang perpustakaan melalui media sosial seperti WhatsApp, Instagram, dan juga Facebook. Kebanyakan hal yang ditanyakan selalu sama dan sering sekali ditanyakan kepada pihak admin perpustakaan.
Untuk itu admin telah merangkum beberapa pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh sobat pustaka beserta jawabannya. Yuk simak informasinya di bawah ini :
1. Denda Keterlambatan buku
Urusan denda adalah nomor wahid yang selalu ditanyakan mahasiswa, wajar saja hal ini terjadi karena mahasiswa yang memiliki pinjaman buku merasa memiliki tanggungan yang harus segera mereka kembalikan. Namun dikarenakan perpustakaan tutup dalam waktu yang lama membuat mereka menjadi bingung bagaimana nasib pinjaman buku yang masih ada di tangan mereka serta mekanisme dendanya?
Kami dari pihak perpustakaan menyatakan bahwa denda keterlambatan pengembalian buku mulai dari tanggal 3 Februari 2020 ditiadakan sampai aktivitas kampus dibuka kembali. Jadi bagi sobat pustaka yang merasa memiliki pinjaman buku dan tidak bisa mengembalikan karena perpustakaan tutup tidak usah bingung lagi karena sudah ada aturan tersebut.
2. Pengajuan Bebas Pustaka
Sudah pasti yang mengajukan pertanyaan mengenai bebas pustaka adalah sobat pustaka yang sudah dinyatakan lulus baik itu yang sudah melaksanakan wisuda maupun yang belum. Kami akan memberikan klarifikasi mengenai pelayanan bebas pustaka selama Covid-19 dengan persyaratan sebagai berikut:
- Yang berhak mengurus bebas pustaka selama Covid-19 adalah mahasiswa yang sudah mengikuti wisuda
- Tidak memiliki tanggungan berupa pinjaman maupun denda keterlambatan buku
- Sudah mengupload file skripsi sesuai dengan format yang ditentukan ke alamat http://repo.iain-tulungagung.ac.id/
- Menyerahkan 1 eksemplar hard copy skripsi ketika serah terima surat bebas pustaka
Jika persyaratan di atas telah terpenuhi dapat menghubungi contact person :
ARIFAH WIKANSARI 081330090868
LAILA RIFA’ATUL AZIZAH 085790907547
SAIFUL ROFIQ 085649871117
Jam layanan Senin-Jum’at 09.00 – 13.00 WIB pada hari kerja (hari libur nasional layanan perpustakaan libur)
3. Pendaftaran Pada Aplikasi E-Pustaka
Pertanyaan ini juga sering ditanyakan kepada admin, mengingat saat ini mahasiswa tetap diwajibkan melaksanakan perkuliahan secara daring meskipun dari rumah. Sedangkan kebutuhan referensi sobat pustaka tetap harus terpenuhi. Oleh karena itu pengaksesan koleksi elektronik melalui aplikasi E-Pustaka menjadi semakin meningkat. Namun masih banyak sobat pustaka yang belum mengetahui persyaratan dan tata cara pendaftaran pada aplikasi E-Pustaka, yuk simak penjelasan di bawah ini:
Itulah beberapa pertanyaan yang paling sering nangkring di kolom komentar perpustakaan IAIN Tulungagung. Semoga penjelasan kami dapat membantu menjawab rasa penasaran atau ketidaktahuan dari sobat pustaka. Salam Literasi J
Kami Segenap Keluarga Besar Perpustakaan IAIN Tulungagung Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Minal Aidzin Walfaidzin Mohon Maaf Lahir dan Batin.